PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI PERADABAN MESOPOTAMIA DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 CISAYONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hidayat, Syandi Akbar (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI PERADABAN MESOPOTAMIA DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 CISAYONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAN DAN LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SYANDI AKBAR HIDAYAT. 142171003. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Peradaban Mesopotamia Di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Cisayong Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar yang tidak maksimal dan kekurangaktifan peserta didik di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Cisayong saat pembelajaran Sejarah Peminatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ,keaktifan peserta didik dan kendala yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran Sejarah Peminatan Materi Peradaban Mesopotamia Di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Cisayong Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IPS 1 tahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 62,5%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 20 siswa dan nilai rata-rata kelas sebesar 73,5. Pada siklus II meningkat menjadi 93,75%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 30 siswa dan nilai rata-rata kelas mencapai 82,81. Keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Cisayong tahun pelajaran 2019/2020 meningkat. Pada siklus I, kelompok 2 dan kelompok 5 memperoleh persentase tertinggi sebesar 62,5%. Persentase rata-rata keaktifan kelompok paling kecil didapat oleh kelompok 4 dan kelompok 7 sebesar 43,75%. Keaktifan siklus II, kelompok 2 mendapat persentase keaktifan rata-rata tertinggi sebesar 93,75% dan kelompok dengan persentase keaktifan terkecil siklus II yaitu kelompok 4 dan kelompok 7, dengan mengumpulkan persentase keaktifan rata�rata sebesar 81,25%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:43
Last Modified: 24 Feb 2022 07:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4783

Actions (login required)

View Item View Item