OKTAVIANI, RAGILLIA (2021) KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
cover.pdf Download (89kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (282kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (65kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
Abstract
ABSTRAK RAGILLIA OKTAVIANI, 2021. Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gender. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kecerdasan visual spasial dalam kemampuan komunikasi matematis secara tertulis ditinjau dari gender peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes kecerdasan visual spasial dalam kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu dari kelompok gender laki-laki dan kelompok gender perempuan peserta didik kelas VIII-G di SMP Negeri 14 Tasikmalaya yang diambil secara purposive dari perwakilan masing-masing kelompok gender. Metode pengambilan data menggunakan metode think aloud. Hasil tes dan wawancara dianalisis mengacu pada karakteristik kecerdasan visual spasial yaitu pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah dan pencarian pola dalam soal kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik laki-laki: (1) menyelesaikan soal dengan mengunakan bantuan gambar dan menggambarkan penyelesaian dengan benar; (2) menghubungkan data yang diketahui dengan konsep yang dimiliki; (3) melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menyelesaikannya dengan benar; (4) menemukan pola dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dapat menghubungkan gambar ke dalam ide matematika; menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika; menjelaskan ide, situasi dan relasi ke dalam bahasa atau simbol matematika. Sedangkan peserta didik perempuan menunjukkan: (1) menyelesaikan soal dengan bantuan gambar; (2) menyebutkan konsep yang diketahui, sehingga tidak tepat dalam menghubungkan gambar ke dalam ide matematika; menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika; menjelaskan ide, situasi dan relasi ke dalam bahasa atau simbol matematika. Kata kunci: Gender, Kecerdasan Visual Spasial, Kemampuan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:42 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4767 |
Actions (login required)
View Item |