Santosa, Tesa Hadi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DANMENGONSTRUKSI SEBUAH CERITA PENDEK DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DLL.pdf Download (510kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (450kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesa Hadi Santosa. 2020. Pengaruh Model PembelajaranGroup Investigation TerhadapKemampuanMenganalisis Unsur-unsur PembangunCerita Pendekdan Mengonstruksi Sebuah Cerita Pendek dengan Memperhatikan Unsur-unsur Pembangunnya (Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas XI ialah cerita pendek. Dalam Kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan mengonstruksi cerita pendek dengan memperhatikan unsur pembangunnya merupakan pasangan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Kurikulum mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan ialah teknik random, hal ini berhubungan dengan populasi di SMA Negeri 1 Pangandaran yang berjumlah keseluruhan 320 peserta didik. Sampel ini digunakan sebagai patokan untuk populasi, penulis memilih peserta didik yang betul-betul bisa mewakili anggota lainnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 yang masing-masing berjumlah 36 orang peserta didik yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut penulis melaksanakan penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kompetensi dasar 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dan kompetensi dasar 4.9 mengonstruksi cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangunnya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangandaran tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data statistika, penulis memperoleh rata-rata skor tes akhir di kelas eksperimen pada kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek mencapai nilai 76,78, dan kemampuan mengonstruksi cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangunnya mencapai nilai 81,1, sedangkan untuk kelas kontrol perolehan rata-rata skor pada kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek mencapai nilai 63,25, dan kemampuan mengonstruksi cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangunnya mencapai nilai 74,28. Pada tahap pengolahan data mengenai peningkatan kemampuan berdasarkan koefisien gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni 0,7 di kelas eksperimen sedangkan di kelas kontrol 0,5 terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dan mengonstruksi cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangunnya di kelas eksperimen 0,5 sedangkan di kelas kontrol 0,4 artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik atau tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 01:13 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 01:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4633 |
Actions (login required)
View Item |