ANALISIS TEKS ANEKDOT DALAM ANTOLOGI ANEKDOT TAK LUCU GAYA BAGDAD KARYA ACHMAD SETIYAJI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS X (Penelitian Deskriptif terhadap Teks Anekdot)

Miladiyah, Siti Atika (2021) ANALISIS TEKS ANEKDOT DALAM ANTOLOGI ANEKDOT TAK LUCU GAYA BAGDAD KARYA ACHMAD SETIYAJI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS X (Penelitian Deskriptif terhadap Teks Anekdot). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER,LEMBAR PENGESAHAN,PERNYATAAN,ABSTRAK,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Atika Miladiyah 2021. Analisis Teks Anekdot dalam Antologi Anekdot Tak Lucu Gaya Bagdad Karya Achmad Setiyaji Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Kelas X (Penelitian Deskriptif terhadap Teks Anekdot). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa. Untuk mencapai KD tersebut, teks anekdot yang digunakan harus sesuai dengan kriteria bahan ajar. Namun, pada kenyataannya, tidak semua teks anekdot yang digunakan bervariatif dan sesuai dengan kurikulum serta perkembangan siswa kelas X. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian berupa analisis struktur, kaidah kebahasaan, keterbacaan serta kriteria bahan ajar untuk kelas X pada antologi anekdot Anekdot Tak Lucu Gaya Bagdad karya Achmad Setiyaji. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan struktur, kaidah kebahasaan, keterbacaan, dan psikologi siswa dalam antologi Anekdot Tak Lucu Gaya Bagdad karya Achmad Setiyaji serta untuk mengetahui dapat atau tidak teks anekdot dalam antologi Anekdot Tak Lucu Gaya Bagdad karya Achmad Setiyaji dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di kelas X. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan ialah teknik studi pustaka, dokumentasi, wawancara, teknik analisis teks, serta teknik tes. Populasi penelitian ini sebanyak 40 teks anekdot dan sampel penelitian ini sebanyak 13 teks anekdot. Dari ketiga belas teks tersebut, semuanya cocok digunakan di kelas X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga belas teks anekdot dari antologi Anekdot Tak Lucu Gaya Bagdad karya Achmad Setiyaji yang penulis teliti memiliki struktur yang lengkap (lebih dari 3-4) meliputi abstraksi, orientasi, krisis, reaksi dan koda, serta memiliki kaidah kebahasaan yang lengkap (lebih dari 4-5) meliputi kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu, menggunakan nama tokoh orang ketiga tunggal, menggunakan konjungsi waktu (kronologis), menggunakan kata kerja material/aksi, menggunakan kalimat bergaya retorik, dan menggunakan kalimat seru. Selain itu, ketigabelas teks tersebut sesuai dengan kurikulum serta tingkat keterbacaan wacana dan kriteria bahan ajar lain yang sesuai dengan perkembangan siswa kelas X. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya, antologi teks anekdot Anekdot Tak Lucu Gaya Bagdad karya Achmad Setiyaji ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:43
Last Modified: 08 Feb 2022 04:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item View Item