RACHMAN, SHINTA AULIA (2021) HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-1COVER.pdf Download (206kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-2LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-3.pdf Download (196kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-4-5ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-6-14.pdf Download (336kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-16-23BAB1.pdf Download (339kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-24-48BAB2.pdf Download (490kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-49-65BAB3.pdf Download (464kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-66-90BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-91BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
SKRIPSI SHINTAULIA (A4)-92-96DAPUS.pdf Download (327kB) |
Abstract
ABSTRAK SHINTA AULIA RACHMAN, 2021. HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 251 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 72 siswa, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pertimbangan pengambilan sampel berdasarkan kelas homogen yang memiliki nilai rata-rata biologi yang sama dan memiliki keaktifan dengan kualitas yang sama selama proses pembelajaran berdasarkan informasi dari guru biologi kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa ulangan harian materi sel berjumlah 20 soal pilihan ganda serta non tes berupa instrumen angket self efficacy berjumlah 28 item pernyataan dan angket kemandirian belajar berjumlah 30 item pernyataan. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi multivariat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara self efficacy dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi sel dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,489 yang berarti kekuatan hubungan antara variabel ada pada taraf sedang, dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,239. Sehingga kontribusi dari self efficacy dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 23,9% dan kontribusi lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Self Efficacy, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, dan Materi Sel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 03:57 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 03:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4492 |
Actions (login required)
View Item |