Samtaradiva, Sony (2019) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Vll SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER, LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) |
|
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
3. BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf Download (273kB) |
|
Text
5. BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
Daftar pustaka .pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Sony Samtaradiva. 2019. “Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca dengan menggunakan model pembelajaran Demonstration (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas Vll SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi teks prosedur dan menyimpulkan teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasi oleh peserta didik kelas VII SMP/MTS/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Demonstration meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus 1 pertemuan pertama untuk KD 3.5, 15 peserta didik (40%) yang belum mencapai KKM dan 17 peserta didik (60%) yang sudah mencapai KKM dan pada pertemuan kedua untuk KD 4.5, 14 peserta didik (37%) yang belum mencapai KKM dan 18 peserta didik (63%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II pertemuan pertama untuk KD 3.5, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Dengan demikian, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Demonstration dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 00:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 00:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4351 |
Actions (login required)
View Item |