DESTIANA, DEVI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (44kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (143kB) |
|
Text
7. Daftar isi, Daftar tabel, Daftar gambar, Daftar lampiran.pdf Download (115kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (127kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (281kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (145kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) |
Abstract
ABSTRAK DEVI DESTIANA. 2021. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kepribadian, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara tak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kepribadian The Keirsey Temperament Sorter, soal tes kemampuan representasi matematis. Subjek penelitian ini 4 peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemampuan representasi matematis dalam penelitian ini diidentifikasikan melalui indikator menurut Villegas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek guardian (S�25G) pada indikator pictorial representation dapat membuat gambar diagram panah namun tidak menulis nama relasi pada diagram panah tersebut, pada indikator symbolic representation dapat membuat model matematika dengan benar namun belum dapat memperhatikan simbol matematika secara benar, pada indikator verbal representation dapat menyelesaikan masalah ke dalam bentuk kata-kata teks tertulis dengan benar menggunakan alasan yang tepat. Subjek Artisan (S-14A) pada indikator pictorial representation dan symbolic representation mampu membuat gambar diagram panah dan mampu membuat model dengan memperhatikan simbol matematika namun memperoleh kesimpulan yang keliru karena cenderung tergesa-gesa dalam mengerjakan segala sesuatu, pada indikator verbal representation dapat menyelesaikan masalah ke dalam bentuk kata-kata teks tertulis dengan benar menggunakan alasan yang masuk akal. Subjek rational (S-10R) pada indikator pictorial representation, symbolic representation dan verbal representation dengan benar dan tepat. Subjek idealist (S-11I) pada indikator pictorial representation dapat membuat gambar diagram panah namun tidak menulis nama relasi pada diagram panah tersebut serta dapat menggunakan cara yang berbeda, pada indikator symbolic representation dapat membuat model matematika serta simbol matematika meskipun kurang memperhatikan yang diketahui pada soal namun dapat memperoleh kesimpulan yang benar dan pada indikator verbal representation dapat menyelesaikan permasalahan ke dalam bentuk kata-kata teks tertulis namun dengan penjelasan yang singkat. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 00:55 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 00:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4127 |
Actions (login required)
View Item |