ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY

DESTIANA, DEVI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (44kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text
7. Daftar isi, Daftar tabel, Daftar gambar, Daftar lampiran.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (281kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (145kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK DEVI DESTIANA. 2021. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kepribadian, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara tak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kepribadian The Keirsey Temperament Sorter, soal tes kemampuan representasi matematis. Subjek penelitian ini 4 peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemampuan representasi matematis dalam penelitian ini diidentifikasikan melalui indikator menurut Villegas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek guardian (S�25G) pada indikator pictorial representation dapat membuat gambar diagram panah namun tidak menulis nama relasi pada diagram panah tersebut, pada indikator symbolic representation dapat membuat model matematika dengan benar namun belum dapat memperhatikan simbol matematika secara benar, pada indikator verbal representation dapat menyelesaikan masalah ke dalam bentuk kata-kata teks tertulis dengan benar menggunakan alasan yang tepat. Subjek Artisan (S-14A) pada indikator pictorial representation dan symbolic representation mampu membuat gambar diagram panah dan mampu membuat model dengan memperhatikan simbol matematika namun memperoleh kesimpulan yang keliru karena cenderung tergesa-gesa dalam mengerjakan segala sesuatu, pada indikator verbal representation dapat menyelesaikan masalah ke dalam bentuk kata-kata teks tertulis dengan benar menggunakan alasan yang masuk akal. Subjek rational (S-10R) pada indikator pictorial representation, symbolic representation dan verbal representation dengan benar dan tepat. Subjek idealist (S-11I) pada indikator pictorial representation dapat membuat gambar diagram panah namun tidak menulis nama relasi pada diagram panah tersebut serta dapat menggunakan cara yang berbeda, pada indikator symbolic representation dapat membuat model matematika serta simbol matematika meskipun kurang memperhatikan yang diketahui pada soal namun dapat memperoleh kesimpulan yang benar dan pada indikator verbal representation dapat menyelesaikan permasalahan ke dalam bentuk kata-kata teks tertulis namun dengan penjelasan yang singkat. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:55
Last Modified: 24 Jan 2022 00:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item