ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI INTRAPERSONAL INTELLEGENCE

NURASIAH, NURASIAH (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI INTRAPERSONAL INTELLEGENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK NURASIAH. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau Dari Intrapersonal Intellegence. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari intrapersonal intellegence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran angket intrapersonal intellegence, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri, angket intrapersonal intellegence, dan soal kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 21 Tasikmalaya dengan peserta didik kelas VII D yang diambil 3 peserta didik berdasarkan kategori tingkat intrapersonal intellegence. Teknik analisis data yang digunakan meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peserta didik SD-14 dengan kategori intrapersonal intellegence tinggi, mampu menginterpretasi dengan cara memahami permasalahan dengan baik, menganalisis permasalahan dengan konsep yang sistematis, mengevaluasi soal dengan strategi yang tidak sesuai dengan konsep penyelesaian, dan menginferensi dengan penjelasan yang logis. (2) peserta didik SD-22 dengan intrapersonal intellegence sedang, mampu menginterpretasi soal dengan lengkap dan jelas, menganalisis soal dengan konsep yang kurang lengkap, mengevaluasi soal dengan strategi yang tepat dan benar namun tidak lengkap, menginferensi soal tidak disertai penjelasan. (3) peserta didik SD-13 dengan intrapersonal intellegence rendah, dalam menginterpretasi kurang memahami permasalahan dengan baik, menganalisis soal dengan memberikan konsep yang kurang jelas dan kurang sistematis, mengevaluasi soal dengan memberikan strategi perhitungan yang singkat dan kurang terperinci, dan menginferensi soal dengan singkat. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Intrapersonal Intellegence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 00:55
Last Modified: 24 Jan 2022 00:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item