PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN DALAM MATERI PEMBENTUKAN LBB DAN PBB SEBAGAI PENGARUH PERANG DUNIA DALAM KEHIDUPAN POLITIK GLOBAL DI KELAS XI IPS 5 SMAN 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020

FITRIANI, NINA KHOERONNASIAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN DALAM MATERI PEMBENTUKAN LBB DAN PBB SEBAGAI PENGARUH PERANG DUNIA DALAM KEHIDUPAN POLITIK GLOBAL DI KELAS XI IPS 5 SMAN 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

ABSTRAK NINA KHOERONNASIAH FITRIANI. 2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN DALAM MATERI PEMBENTUKAN LBB DAN PBB SEBAGAI PENGARUH PERANG DUNIA DALAM KEHIDUPAN POLITIK GLOBAL DI KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Market Place Activity pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan dengan materi Pembentukan LBB dan PBB sebagai Pengaruh Perang Dunia dalam Kehidupan Politik Global terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS 5 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA tahun ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen Design dengan bentuk None Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 orang dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 orang, sampel dalam penelitian ini yang diambil adalah Teknik purposive sampling instrument penelitian ini berupa tes hasil belajar peserta didik dengan soal pilihan ganda sebanyak 17 butir soal. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS 25.0. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney, dan pengolahan n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Market Place Activity berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa. Terbukti pada hasil rata-rata belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity sebesar 81,17 sedangkan hasil rata-rata belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investiagtion sebesar 72,00. Hasil pengolahan data dengan menggunakan Uji Mann-whitney diperoleh nilai probabilitas atau Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Market Place Activity terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/ 2020. Kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif, model pembelajaran Market Place Activity, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:18
Last Modified: 17 Jan 2022 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item