Fahmi, Nuri Farida (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI DAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (272kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (253kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuri Farida Fahmi. 2019. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi dan Menyajikan Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pancatengah Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pancatengah tahun ajaran 2019/2020 belum semua mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan teks deskripsi dan menyajikan teks deskripsi dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan teks deskripsi, dan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pancatengah tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (a) teknik observasi, (b) teknik tes, (c) teknik wawancara, dan (d) teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi peserta didik yang sudah mencapai KKM, yaitu 75 sebanyak 12 orang (40%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (60%), pada siklus kedua semua peserta didik 30 orang (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menyajikan teks deskripsi yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 orang (40%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (60%), pada siklus kedua semua peserta didik 30 orang (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan teks deskripsi dan menyajikan teks deskripsi siklus kesatu ke siklus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan teks deskripsi dan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:13 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4040 |
Actions (login required)
View Item |