PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR�UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 18 KotaTasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Sulistiani, Suci (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR�UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 18 KotaTasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover skripsi FIX.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2 daftr isi fix.pdf

Download (575kB)
[img] Text
3 bab 1-5 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Suci Sulistiani. 2019. Penerapan Model PembelajaranNumberedHead Together Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengidentfikasi Unsur-Unsur Dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) (Penelitian Tindakan pada Kelas Vll SMPN 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pembelajaran bahasa memiliki tujuan yang harus dicapai. Tujuan pembelajaran bahasa merupakan bagian dari tujuan pendidikan. Tujuan tersebut tercapai atau tidaknya ditentukan oleh komptensi dasar yang harus dikuasai peserta didik. Salah satu komptensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII adalah mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi). Penulis melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Togethermeningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMPN 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuanmengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VII SMPN 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data adalah peserta didik kelas VII F SMPN 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria ketuntasan minimal (KKM). Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMPN 18 Kota Tasikmalaya untuk kelas VII adalah 74. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus I pertemuan pertama KD 3.3, 7 orang peserta didik (26%) belum mencapai KKM dan 20 orang peserta didik (74%) telah mencapai KKM. Pertemuan kedua KD 4.3, 12 orang peserta didik (44%) belum mencapai KKM dan 15 orang peserta didik (56%) telah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama, KD 3.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII F SMPN 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:27
Last Modified: 13 Jan 2022 07:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item