EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN(Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Ayu Lestari, Suci (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN(Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN, LEM.PERNYATAAN, ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
7 BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
8 BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
9 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, guru harus memberikan pembelajaran yang efektif, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan keefektifan model Quantum Learning dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019, (2) memaparkan keefektifan model Quantum Learning dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpuan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning yaitu kelas VIII E pada KD 3.14 mencapai nilai 93,5 dan KD 4.14 mencapai nilai 72,3. Sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Learning yaitu kelas VIII D pada KD 3.14 mencapai nilai 75,5 dan KD 4.14 mencapai nilai 69,9. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W-hitung = 0 < W-tabel = 107,27 dalam taraf signifikansi 0,01. Artinya model pembelajaran Quantum Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:39
Last Modified: 15 Aug 2019 08:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item