Amalia, Fazrina (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL(Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.cover.pdf Download (23kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
3.Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Diagram, Daftar Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (189kB) |
Abstract
Dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 dalam Kurikulum 2013 revisi, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah KD 3.15 mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD 4.15 menceritakan kembali isi teks fabel/legenda daerah setempat. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel yang dibaca dan didengar kelas VII SMPN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas VII SMPN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor tes akhir di kelas eksperimen (VII B) pada KD 3.15 adalah 81,93 dan KD 4.15 adalah 88,37. Rata-rata skor tes akhir untuk kelas kontrol (VII C) pada KD 3.15 adalah 65,12 dan KD 4.15 adalah 86,12. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) KD 3.15 (0) < W(tabel) 126,28 dalam taraf signifikansi 0,01 dan W(hitung) KD 4.15 (91) < W(tabel) 126,28 dalam taraf signifikansi 0,01 . Artinya, terdapat perbedaan antara nilai rata-rata peserta didik di kelas yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Dengan demikian model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel kelas VII SMPN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 06:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 06:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/389 |
Actions (login required)
View Item |