AYUNISA, RIDANTI DWI (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (81kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (416kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (300kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (183kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (183kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (617kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (464kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis dan penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik pada soal berpikir kreatif matematis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan think aloud methods dengan subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas IX yang melaksanakan pembelajaran luring dikarenakan kurang fasilitas untuk mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal sesuai dengan indikator berpikir keatif matematis kelancaran, kelenturan, keaslian, dan memperinci ditemukan adanya kesalahan, serta bisa berkomunikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data berupa tes berpikir kreatif matematis disertai angket Adversity Quotient dan wawancara untuk mengetahui penyebab kesalahannya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dengan tipe AQ quitters tidak ditemukan pada penelitian ini karena tidak ada peserta didik yang dapat mengerjakan soal berpikir kreatif matematis sesuai indikatornya yang dapat dikategorikan sebagai tipe AQ quitters. Kemudian peserta didik dengan tipe AQ campers memenuhi semua indikator berpikir kreatif matematis serta melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban dalam menyelesaikan soal untuk memenuhi indikator kelancaran, kelenturan serta memperinci dan penyebab kesalahannya yaitu kelemahan secara mental dan kebiasaan sikap-sikap yang salah. Selanjutnya peserta didik dengan Tipe AQ climbers memenuhi semua indikator berpikir kreatif matematis serta melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban dalam menyelesaikan soal untuk memenuhi indikator kelancaran, kelenturan serta memperinci dan penyebab kesalahannya yaitu kelemahan secara mental. Kata kunci: kesalahan prosedur Newman, penyebab kesalahan, soal berpikir kreatif matematis, Adversity Quotient
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 03:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3816 |
Actions (login required)
View Item |