Mardiani Astuti, Anis (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENGINTERPRETASI DRAMA DALAM BENTUK NASKAH(Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. a. cover skripsi.pdf Download (23kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (320kB) |
|
Text
11. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
Text
12. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL PENULISAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dikuasai siswa kelas VIII adalah teks Drama. Secara tersurat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa siswa harus menguasai kompetensi dasar mengidentifikasi unsurunsur dan menginterpretasi drama (tradisional dan modern). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan mengidentifikasi unsurunsur dan menginterpretasi drama dalam bentuk naskah pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penerepan model pembelajaran Think Pair Share pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pascates hasil pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasi drama (tradisional dan modern) di kelas eksperimen dan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Nilai rata-rata pascates mengidentifikasi unsur-unsur drama di kelas eksperimen sebesar 81 dan di kelas kontrol sebesar 65,5, sehingga terjadi perbedaan sebesar 15,5. Nilai rata-rata pascates menginterpretasi drama dalam bentuk naskah di kelas eksperimen sebesar 82,75 dan di kelas kontrol sebesar 72,9, sehingga terjadi perbedaan sebesar 9,85. Berdasarkan uji statistik wilcoxon diketahui bahwa, nilai W hitung (0) < W daftar (126,25). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsurunsur dan menginterpretasi drama (tradisional dan modern) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini berhasil dan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 04:00 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 04:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/381 |
Actions (login required)
View Item |