PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COOMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Pancatengah Tahun Ajaran 2019/2020)

Friansyah, Yadi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COOMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Pancatengah Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Bismillah Abstrak sidang skripsi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Bismillah BAB I Sidang Skripsi.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Bismillah Bab II Sidang Skripsi.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Bismillah BAB III Sidang Skripsi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Bismillah BAB IV Sidang Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
Bismillah BAB V Sidang Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Yadi Friansyah, 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-Unsur Pembangun dan Mengonstruksi Cerita Pendek dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Pancatengah Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Pencapai tujuan pembelajaran bahasa sebagai bagian dari tujuan pendidikan ditentukan oleh tercapai atau tidaknya kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI adalah menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi cerita pendek. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pancatengah tahun ajaran 2019/2020? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tenik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data adalah peserta didik kelas XI PJ SMK Negeri 1 Pancatengah tahun ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI PJ SMK Negeri 1 Pancatengah tahun ajaran 2019/2020. Kriteria ketuntasan minimal (KKM). mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan SMK Negeri 1 Pancatengah untuk kelas XI adalah 70. Perolehan nilai siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 12 peserta didik (37%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM 20 peserta didik (63%). Pada siklus kedua peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM semua peserta didik (100%). Pada siklus I dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 11 peserta didik (34%) dan peserta didik yang di atas KKM sebanyak 27 peserta didik (65%). Pada siklus II semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengonstruksi cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pancatengah tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:21
Last Modified: 27 Dec 2021 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item