PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Renaldi, Basit (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER..pdf

Download (116kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
6 BAB II LANDASAN TEORETIS..pdf

Download (456kB)
[img] Text
7 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (512kB)
[img] Text
8 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Basit Renaldi. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Menyajikan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain And Create (RADEC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII dalam kurikulum 2013 revisi yaitu teks eksposisi. Jenis teks ini tersurat dalam kompetensi dasar 3.6 dan 4.6. Namun menurut hasil observasi dan wawancara diperoleh informasi bahwa masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks eksposisi dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain And Create (RADEC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII-B MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penulis melaksanakan penelitian ini di kelas VIII-B MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus kesatu pemerolehan nilai hasil belajar peserta didik untuk kompetensi dasar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi yang mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) sebanyak 11 orang (37,93%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai SKBM sebanyak 18 orang (62,06%) dengan rata-rata nilai yaitu 57,86. Pada kompetensi dasar menyajikan teks eksposisi peserta didik yang mencapai SKBM sebanyak 9 orang (31,03%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai SKBM sebanyak 20 orang (68,96%) dengan rata-rata nilai 57,58. Pada siklus kedua pemerolehan nilai hasil belajar peserta didik mengalami peningkalan, untuk kompetensi dasar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi peserta didik yang memperoleh nilai mencapai SKBM sebanyak 29 orang (100%) dengan rata-rata nilai 80,03. Sedangkan pada kompetensi dasar menyajikan teks eksposisi peserta didik yang memperoleh nilai mencapai SKBM sebanyak 29 orang (100%) dengan rata-rata nilai 78,37. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain And Create (RADEC) dapat meningkatkan kemempuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII-B MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Dec 2021 05:04
Last Modified: 24 Dec 2021 05:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item