NURMAYANTI, SARAH (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (192kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (330kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (385kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik serta penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal open ended pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes open ended dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan berupa soal open ended. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang melakukan kesalahan berdasarkan jenis kesalahan prosedur Newman setelah menyelesaikan soal open ended. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hanya sedikit peserta didik yang melakukan kesalahan membaca, sedangkan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta didik yaitu kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan membaca terjadi karena peserta didik kurang mengenal istilah-istilah dalam matematika. Kesalahan memahami terjadi karena peserta didik kurang memahami permasalahan dalam soal, kurang teliti dalam menuliskan informasi yang terdapat pada soal, dan/atau menganggap bahwa tidak akan berpengaruh pada proses pengerjaan sehingga dapat menghemat waktu pengerjaan. Kesalahan transformasi terjadi karena peserta didik tidak mengetahui rumus yang seharusnya digunakan, tidak memahami maksud dari soal secara keseluruhan, dan/atau tidak dapat membuat model matematika dengan tepat. Kesalahan keterampilan proses terjadi karena peserta didik tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, kurangnya pemahaman terhadap materi prasyarat, dan/atau adanya kesalahpahaman dengan informasi yang terdapat dalam soal. Kesalahan penulisan jawaban akhir terjadi karena kesalahan yang dilakukan pada tahap sebelumnya dan/atau tidak teliti dalam menuliskan jawaban akhir. Kata kunci: Kesalahan Peserta Didik, Prosedur Newman Soal Open Ended
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 06:42 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 06:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3592 |
Actions (login required)
View Item |