PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya)

MAULANA, NANAN (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
03. TTD Penelaah.pdf

Download (322kB)
[img] Text
04. PERNYATAAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
06. ABSTRACT.pdf

Download (32kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (33kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
15. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Suatu keberhasilan pendidikan dapat digambarkan dari hasil belajar. Pada kenyataannya untuk hasil belajar ekonomi di SMAN se-Kota Tasikmalaya belum mendapatkan hasil yang optimal, hal ini dapat dilihat dari rata-rata UN ekonomi pada tahun 2016-2019 mengalami fluktuatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana hubungan kondisi efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar secara langsung maupun melalui minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMAN se-Kota Tasikmalaya yang berjumlah 1482 siswa dari 10 Sekolah. Jumlah sampel sebanyak 315 siswa dari 4 sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap minat belajar dengan nilai thitung sebesar 11,28 > ttabel sebesar 1,96, lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat belajar dengan nilai thitung sebesar 7,97 > 1,96, efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 7,94 > 1,96, lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 0,69 < 1,96, Sedangkan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 14,08 > 1,96, efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar melalui minat belajar diperoleh nilai thitung 8,84 > 1,96, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar melalui minat belajar diperoleh nilai thitung 6,71 lebih besar dari ttabel 1,96. . Kata Kunci: Belajar, Diri, Efikasi, Hasil, Keluarga, Lingkungan, Minat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:35
Last Modified: 06 Dec 2021 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item