KAMILAH, HELMI MARWATUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (5kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (272kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (215kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (576kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (684kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar serta hubungan antara keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Desember 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang sabanyak dua kelas dengan jumlah peserta didik 40 orang. Sampel penelitian di kelas XI MIPA 1 sebanyak 20 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI MIPA 2 sebanyak 20 orang peserta didik sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Cigalontang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan generik sains dan hasil belajar yang dilakukan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan generik sains berupa soal uraian sebanyak 15 soal dan tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 32 soal. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji ancova dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar serta ada hubungan antara keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : model Discovery Learning, keterampilan generik sains, hasil belajar,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 03:33 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 03:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/32 |
Actions (login required)
View Item |