Oktapiani, Eneng Ina (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (5kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (87kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (10kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (298kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Menelaah dan menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP/MTS Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII B MTs Rijalul Hikam Jatinagara Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes dan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTs Rijalul Hikam Jatinagara Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca, terdapat 9 (28,12%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar dan 23 (71,87%) peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar. Sedangkan pada pertemuan kedua KD 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik), terdapat 5 (15,62%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar dan 27 (84,37%) peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Kemudian pada siklus II pertemuan pertama yaitu KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi dan KD 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik), seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKB yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan data tersebut, menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan iv peserta didik dalam menelaah dan menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Rijalul Hikam Jatinagara Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 03:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 03:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2958 |
Actions (login required)
View Item |