NURHASAN, ANDINI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNISI (Penelitian Terhadap Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di MTs Negeri 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
1. COVER.pdf Download (258kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (447kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (845kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (616kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
ABSTRAK ANDINI NURHASAN, 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Menggunakan Pendekatan Metakognisi (Penelitian Terhadap Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di MTs Negeri 1 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik menggunakan pendekatan metakognisi tergolong kategori tinggi, bagaiamana disposisi matematis peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan metakognisi, dan adanya keterkaitan antara peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dengan disposisi matematis menggunakan pendekatan metakognisi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada peneitian ini adalah seluruh kelas VIII di Mts Negeri 1 Tasikmalaya dengan kelas sampel yang dipilih secara acak adalah kelas VIII-4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan angket disposisi matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan penyebaran angket disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji satu rata-rata dan independensi dua faktor. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik menggunakan pendekatan metakognisi tergolong kategori tinggi, disposisi matematis peserta didik dengan menggunakan pendekatan metakognisi tergolong kategori baik, dan terdapat keterkaitan antara peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dengan disposisi matematis menggunakan pendekatan metakognisi. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Pendekatan Metakognisi, Disposisi Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 04:27 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 04:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2925 |
Actions (login required)
View Item |