Supriatna, Nyangnyang (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR DAN KESALAHAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (465kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir dan kesalahan penalaran kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes penalaran kreatif matematik, pengisian angket gaya kognitif dan wawancara. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri, soal tes penalaran kreatif matematik, angket gaya kognitif. Sumber data dalam penelitian ini peserta didik SMK Pertiwi Kuningan tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent rendah mampu menenentukan ukuran panjang jari-jari kolam dari permasalahan yang diberikan dengan menggunakan lebih dari satu cara serta memberikan argumen yang tepat, sedangkan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent rendah belum mampu melengkapi ukuran jari-jari kolam yang terdapat pada soal yang diberikan. Peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent rendah mampu menjawab pertanyaan, dengan membuktikan bahwa tidak semua ukuran sudut yang ditanyakan kurang dari 60° serta mampu memberikan argumen dengan logis. Sedangkan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent rendah tidak dapat menentukan ukuran sudut dari permasalahan yang diberikan, sehingga tidak dapat membuktikan kebenaran dari pertanyaan yang terdapat pada permasalahan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2766 |
Actions (login required)
View Item |