AULIA, RISALATUL (2025) INDONESIAN UNIVERSITY STUDENTS’ PERCEPTIONS OF CHATGPT AS A MEDIA FOR ORGANIZING IDEAS IN ACADEMIC WRITING: A STUDY OF PERCEIVED USEFULNESS AND PERCEIVED EASE OF. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (245kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (340kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (148kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (235kB)
5. PREFACE.pdf
Download (134kB)
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (133kB)
7. TABLE OF CONTENS.pdf
Download (487kB)
8. CHAPTER 1.pdf
Download (251kB)
9. CHAPTER 2.pdf
Download (161kB)
10. CHAPTER 3.pdf
Download (489kB)
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (459kB)
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (130kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (275kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. CURRICULUM VITAE (CV).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (26kB)
Abstract
Penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu dalam penulisan akademik semakin meluas di kalangan mahasiswa Salah satu aspek penting dalam penulisan akademik adalah kemampuan untuk mengorganisir ide secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi mahasiswa mengenai penggunaan ChatGPT sebagai alat pengorganisasi ide dalam penulisan akademik, dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif kualitatif. Pendekatan ini memungkinkan investigasi mendalam terhadap fenomena dalam konteks dunia nyata, memberikan wawasan yang kaya dan terperinci mengenai interaksi kompleks yang membentuk pengalaman partisipan. Data diambil dari hasil wawancara dengan 2 orang mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dan analisis dokumen tulisan akademik sebelum dan sesudah menggunakan ChatGPT. Pemilihan 2 peserta dianggap cukup karena memeungkinkan analisis kualitatif yang mendalam, sehingga pemahaman tentang bagaimana ChatGPT membantu proses pengorganisasian ide dalam penulisan akademik dapat diperoleh secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasakan manfaat ChatGPT dalam mempercepat proses pengorganisasian ide, meningkatkan koherensi tulisan, serta menambah rasa percaya diri dalam penulisan akademik. Analisis dokumen mengkonfirmasi peningkatan struktur dan alur logis dalam tulisan yang dibantu ChatGPT. Meskipun demikian, ditemukan pula keterbatasan ChatGPT seperti kualitas tulisan yang kurang memadai, inkonsistensi respon antarsesi, dan kurangnya kredibilitas sumber. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana penggunaan ChatGPT sebagai media pengorganisasian ide dalam penulisan akademik.
Kata Kunci: ChatGPT, Penulisan Akademik, Pengorganisasian Ide, Persepsi Mahasiswa, Technology Acceptance Model
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:23 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2714 |
