INDONESIAN STUDENTS’ STRATEGIES IN REDUCING SPEAKING ANXIETY IN ENGLISH LANGUAGE CLASSROOM: A CASE STUDY

FADJAR, MUHAMMAD MALIK (2025) INDONESIAN STUDENTS’ STRATEGIES IN REDUCING SPEAKING ANXIETY IN ENGLISH LANGUAGE CLASSROOM: A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02 APPROVAL SHEET.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK.pdf] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 05 PREFACE.pdf] Text
05 PREFACE.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 06 ACKNOWLEDGMENT.pdf] Text
06 ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 07 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
07 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 08 LIST OF TABLES.pdf] Text
08 LIST OF TABLES.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 09 LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
09 LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 10 CHAPTER 1.pdf] Text
10 CHAPTER 1.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 11 CHAPTER 2.pdf] Text
11 CHAPTER 2.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 12 CHAPTER 3.pdf] Text
12 CHAPTER 3.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 13 CHAPTER 4.pdf] Text
13 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[thumbnail of 14 CHAPTER 5.pdf] Text
14 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[thumbnail of 15 REFERENCES.pdf] Text
15 REFERENCES.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 16 ENCLOSURES.pdf] Text
16 ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 17 BIOGRAPHY.pdf] Text
17 BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi metode yang digunakan siswa kelas delapan untuk menenangkan rasa takut mereka selama pelajaran bahasa Inggris. Karena kecemasan akan membuat kesalahan, dihakimi, atau sekadar gagal tampil dengan baik sering kali menghalangi siswa untuk bergabung, rasa takut berbicara menjadi hambatan utama dalam partisipasi di kelas. Beroperasi dalam kerangka studi kasus kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan sepuluh siswa sekolah menengah pertama dari sebuah sekolah di Cilacap, Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa para siswa menggabungkan pendekatan kognitif, emosional, dan perilaku dalam perjuangan mereka melawan kecemasan saat berbicara bahasa Inggris. Teknik kognitif seperti self-talk dan afirmasi positif memungkinkan para peserta untuk membentuk kembali pikiran-pikiran yang menakutkan dan memantapkan kepercayaan diri mereka sebelum mereka membuka mulut. Metode emosional - visualisasi, pernapasan dalam, dan latihan kesadaran - dapat mengurangi kepanikan dan mengaktifkan respons alami tubuh yang menenangkan. Gerakan perilaku, termasuk latihan rutin dalam situasi berisiko rendah dan keterlibatan aktif dalam diskusi kelompok, secara bertahap melemahkan rasa takut dengan memberikan pemaparan berulang dan umpan balik yang konstruktif. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan penghargaan kepada siswa sebagai agen dari kemajuan mereka sendiri dan menunjukkan bahwa penggunaan strategi kognitif, emosional, dan perilaku yang seimbang merupakan hal yang sangat penting untuk membangun kepercayaan diri dalam kegiatan berbicara dalam skala yang lebih luas.

Kata kunci: kecemasan berbicara, strategi mengatasi, strategi kognitif, strategi emosional, strategi perilaku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:35
Last Modified: 11 Dec 2025 08:35
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item
View Item