Utama, Rizki Akbari (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA ISLAM DALAM PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG HOTEL SRIKANDI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover - Daftar Gambar.pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (352kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) |
Abstract
Produk dan jasa halal memiliki pasar yang besar di Indonesia, sehingga dibutuhkan kehadiran produk dan jasa halal di tengah masyarakat. Misalnya kehadiran Hotel Srikandi Kota Tasikmalaya yang menerapkan nilai-nilai etika Islam dalam pelayanannya, namun ternyata tingkat okupansinya masih cukup rendah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh implementasi nilai-nilai etika Islam dalam pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Hotel Srikandi Kota Tasikmalaya. Kepuasan pengunjung sangat penting, karena kepuasan pengunjung akan menentukan keberhasilan bisnis. Banyak hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara kepuasan konsumen dengan ukuran�ukuran kinerja finansial. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas pelayanan, sehingga implementasi nilai-nilai etika Islam dalam pelayanan akan meningkatkan kualitas pelayanan, karena mempermudah konsumen muslim untuk beribadah dan tetap berada dalam aktivitas yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan kualitas pelayanan yang baik tentu pengunjung akan merasa senang dan puas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 35 orang dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 32 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai�nilai etika Islam dalam pelayanan di Hotel Srikandi Kota Tasikmalaya dalam kategori cukup baik, kepuasan pengunjung Hotel Srikandi Kota Tasikmalaya dalam kategori cukup baik, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi nilai-nilai etika Islam dalam pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Hotel Srikandi Kota Tasikmalaya sebesar 55% dan 45% sisanya dipengaruhi faktor lain seperti kualitas produk, emosional, harga dan kemudahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 02:47 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 02:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2590 |
Actions (login required)
View Item |