PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 21 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Lestari, Reza (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 21 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of 13. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis surat resmi peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen (PBL) dan kelas kontrol (STAD). Berdasarkan hasil penelitian rata- rata nilai pre-test menulis surat resmi pada kelas eksperimen 58,30 dan pada kelas kontrol 53,67. Perhitungan uji t pada pre-test menulis surat resmi diperoleh nilai t hitung 1,141 dengan nilai t tabel (db 52) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% diperoleh 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung lebih kecil dari nilai t table, artinya tidak dapat perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada tahap post-test rata-rata nilai menulis surat resmi pada kelas eksperimen 73,78 dan pada kelas kontrol 62,00. Perhitungan uji t pada post-test menulis surat resmi diperoleh nilai t hitung 3,399 dengan nilai t tabel (db 52) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% diperoleh 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t table, artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji t dan uji Mann-Whitney pada N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, atau analisis data menunjukkan bahwa rata rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,4 maka berada dalam rentang 0,3 < 0,4 < 0,7 yang tergolong kategori sedang (Cukup Efektif), sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 0,2 maka berada dalam rentang 0,2 < 0,3 yang tergolong kategori rendah. Dengan demikian, bahwa model pembelajaran (PBL) cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis surat resmi. Model ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru, pengembang kurikulum, dan pihak sekolah untuk mengintegrasikan model pembelajaran PBL sebagai alternatif strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan menulis pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:49
Last Modified: 10 Dec 2025 06:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item
View Item