PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya)

ISMI LATHOPAH, NENG (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover, lembar pengesahan, pernyataan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dafta.pdf

Download (929kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK NENG ISMI LATHOPAH. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Menggunakan Model Resource Based Learning (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik menggunakan model Resource Based Learning (RBL) serta untuk mengetahui keaktifan belajar matematis peserta didik selama mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model Resource Based Learning (RBL). Data dalam penelitian ini diambil melalui pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang dilakukan pada kelas eksperimen untuk mendapatkan skor tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah 352 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII H yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik berupa soal uraian serta angket keaktifan belajar matematis peserta didik. Tes ini dilakukan dua kali pada awal pertemuan dan akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dan pemberian angket keaktifan belajar matematis peserta didik dilaksanakan setelah seluruh pembelajaran selesai pada kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji beda rata-rata berpasangan dan menghitung rataan angket keaktifan belajar matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik menggunakan model Resource Based Learning (RBL) tergolong kategori tinggi dan keaktifan belajar matematis peserta didik menggunakan model Resource Based Learning (RBL) tergolong kriteria sedang. Kata kunci: Keaktifan Belajar Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik, Model Resource Based Learning (RBL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:03
Last Modified: 25 Nov 2020 06:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item