MUKTIARA, ADYA NAZWA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
COVER_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SK_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN_ADYA NAZWA M..pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB 1_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB 2_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB 3_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB 4_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ADYA NAZWA MUKTIARA.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ADYA NAZWA MUKTIARA (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan emosional dalam menyelesaikan soal materi SPLDV. Indikator yang digunakan mengajukan dugaan, memanipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti dalam kebenaran jawaban, dan menarik kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas VIII-G SMPN 1 Karangnunggal. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, angket kecerdasan emosional, satu soal tes kemampuan penalaran matematis. Tahapan pengumpulan data terdiri dari hasil wawancara dengan guru mengenai kecerdasan emosional, angket kecerdasan emosional, hasil tes kemampuan penalaran, dan data dari hasil wawancara dengan siswa yang telah mengisi soal kemampuan penalaran. Data yang terkumpul disederhanakan untuk membuat kesimpulan yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S-21 dengan kecerdasan emosional tinggi mampu memenuhi semua indikator dan dapat menyelesaikan soal dengan benar. S-16 dengan kecerdasan emosional sedang mampu memenuhi 3 indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mampu mengajukan dugaan, mampu memanipulasi matematika, dan mampu memberikan alasan atau bukti dalam kebenaran jawaban. S-11 dengan kecerdasan emosional rendah hanya mampu memenuhi dua indikator dari empat indikator penalaran matematis yang diteliti yaitu mampu mengajukan dugaan dan mampu memanipulasi matematika. Kata kunci: Penalaran Matematis; Kecerdasan Emosional
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:01 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |