ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

DARUSMAN, LUSI HERAWATI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER-2.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2_Lembar Pengesahan-1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3_Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi-1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
4_Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
5_ABSTRAK-1.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6_KATA PENGANTAR-1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
7_DAFTAR ISI-1.pdf

Download (50kB)
[img] Text
8_DAFTAR TABEL-1.pdf

Download (29kB)
[img] Text
9_DAFTAR GAMBAR-1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10_DAFTAR LAMPIRAN-1.pdf

Download (32kB)
[img] Text
11_BAB 1-1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
12_BAB 2-1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
13_BAB 3-1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
14_BAB 4-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
15_BAB 5-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
16_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
17_LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket gaya kognitif visualizer dan verbalizer, tes kemampuan komunikasi menggunakan soal HOTS, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX E SMP Negeri 15 Tasikmalaya yang berjumlah 24 orang, subjek diambil dari masing-masing gaya kognitif visualizer dan verbalizer yang memenuhi seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif visualizer yaitu S-3 dalam menyelesaikan soal HOTS level mengevaluasi (C5), subjek mampu menuangkan ide-ide matematisnya melalui tulisan disertai gambar. S-3 tidak mampu menganalisis dan mengevaluasi ide-ide matematisnya terutama dalam menganalisis dikarenakan subjek mengalami kesulitan dalam memahami teks panjang dan analisis informasi yang kompleks. Subjek mampu ketika menuliskan seluruh informasi yang ada pada soal dengan menggunakan istilah/simbol matematika. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif verbalizer yaitu S-5 dan S-7 dalam menyelesaikan soal HOTS level mengevaluasi (C5), S-5 mampu menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan namun tidak disertai gambar, S-5 tidak mampu menganalisis dan mengevaluasi ide-ide matematisnya sehingga mengalami kesulitan pada proses pengerjaannya, S-5 tidak mampu menggunakan istilah, bahasa, dan simbol matematika sehingga terdapat kekeliruan pada proses perhitungan dan tidak dapat menyelesaikan soal. S-7 mampu menuangkan ide-ide matematisnya melalui tulisan namun tidak disertai gambar, S-7 mampu menganalisis ide-ide matematisnya sehingga lebih cepat dan mudah memahami soal dengan teks panjang, namun S-7 tidak memeriksa ulang karena merasa yakin dengan hasil yang diperoleh. S-7 mampu menggunkan istilah, bahasa, dan simbol matematika dalam memodelkan situasi atau permasalahan matematika. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Soal HOTS, Visualizer dan Verbalizer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:09
Last Modified: 05 Mar 2025 03:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15305

Actions (login required)

View Item View Item