ANALISIS PROSES BERPIKIR ABSTRAKSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL JENIS AKM PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

MIRNAWATI, NENENG (2024) ANALISIS PROSES BERPIKIR ABSTRAKSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL JENIS AKM PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
12. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (525kB)
[img] Text
13. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
14. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir abstraksi peserta didik dalam menyelesaikan soal jenis AKM pada materi SPLTV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes kemampuan awal matematika, tes abstraksi dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal matematika materi SPLDV, soal tes abstraksi materi SPLTV dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-10 SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir abstraksi peserta didik berbeda sesuai dengan kemampuan awal matematikanya. Subjek dengan kemampuan awal matematika tinggi (S-9) mencapai semua level abstraksi struktural, namun belum mencapai pada indikator kesadaran struktural terkait metode alternatif. Peserta didik dengan kemampuan awal matematika sedang (S-25) hanya mencapai level abstraksi struktural karena kurang memahami soal cerita. Sementara itu, peserta didik dengan kemampuan awal rendah (S-5) hanya mencapai level representasi disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep prasyarat. Kata kunci: proses berpikir abstraksi, AKM, SPLTV, kemampuan awal matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:24
Last Modified: 26 Feb 2025 02:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15275

Actions (login required)

View Item View Item