PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

RAHMAWATI, RINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (299kB)
[img] Text
4. motto.pdf

Download (68kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (373kB)
[img] Text
7. ucapan terimakasih.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8. daftar isi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. bab i.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10. bab ii.pdf

Download (335kB)
[img] Text
11. bab iii.pdf

Download (477kB)
[img] Text
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep dasar mengenai usaha dan energi, kesulitan memvisualisasikan perubahan energi, dan kesulitan mengaplikasikan konsep dalam permasalahan sehari-hari. Penelitian ini berupaya mengatasi masalah tersebut dengan model pembelajaran Metaphorming. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan posttest-only control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Cineam tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 141 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang terpilih adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian dengan memuat ranah kognitif C1, C2, C3 dan C4. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji coba instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), serta uji hipotesis. Hasil uji hipotesis didapatkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:33
Last Modified: 25 Feb 2025 01:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15272

Actions (login required)

View Item View Item