Risliyawati, Teba (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII E MTs Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1.COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
10. BAB 1.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi yang terdapat pada kometensi dasar 3.6 dan 4.6 merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Ketidakmampuan peserta didik dalam memahami materi penyebabnya adalah situasi kelas yang kurang kondusif seperti peserta didik kurang memperhatikan pada saat proses pembelajaran berlangsung, kurangnya media pembelajaran, dan kurangnya keberanian untuk bertanya kepada guru ketika kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik masih banyak yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas. Teknik pengumpulan data ini adalah (1) Teknik Observasi, (2) Teknik Tes, (3) Teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E MTs Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Pemerolehan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM sebanyak 7 peserta didik (29%). Pada siklus kedua peserta didik mengalami peningkatan, peserta didik lebih banyak yang sudah mecapai KKM sebanyak 22 peserta didik (92%) dan yang belum mencapa KKM sebanyak 2 peserta didik sebanyak (8%). Pada kemampuan menyajikan teks eksposisi terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 14 peserta didik (58%) sedangkan yang belum mencapai KKM yaitu sebanyak 10 peserta didik (42%). Sedangkan pada siklus kedua peserta didik mengalami peningkatan, peserta didik lebih banyak yang sudah mecapai KKM sebanyak 23 peserta didik (96%) dan yang belum mencapai KKM sebayak 1 peserta didik (4%). Berdasarkan Uji Wilcoxon, diketahui W hitung = 0 < W tabel (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signnifikan dari siklus satu ke siklus dua Berdasarkan peningkatan nilai baik proses belajar maupun hasil belajar membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII E MTs Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:21 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |