PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen pada siswa kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Fauziah, Nida Sausan Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen pada siswa kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (713kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan di MAN 3 Tasikmalaya yang menunjukkan bahwa literasi sains dari 36 siswa pada materi kinematika gerak lurus rendah dengan rata-rata persentase 28,9%, serta kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran Fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap literasi sains pada materi kinematika gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian meliputi kelas XI MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas, dan sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (posttest) berupa soal uraian yang mencakup 3 kompetensi indikator literasi sains. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:00
Last Modified: 19 Feb 2025 08:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item