SATRIA, FERDI (2024) ENGLISH VOCABULARY LEARNING THROUGH HONKAI STAR RAIL: A CASE STUDY OF INDONESIA HIGHER EDUCATION STUDENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR REVISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kosakata merupakan pondasi untuk belajar bahasa. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini teknologi dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal salah satunya belajar. Salah satu teknologi yang ditinjau pada penelitian ini adalah online game berjudul Honkai Star Rail. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana mahasiswa Indonesia belajar kosakata melalui Honkai Star Rail. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode narrative inquiry. Data diambil melalui wawancara semi-terstruktur kemudian dianalisis menggunakan narrative analysis (Labov, 1972). Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Indonesia mempelajari kosakata dengan memanfaatkan visual yang diberikan oleh game tersebut, juga dengan menggunakan beberapa strategi pembelajaran seperti halnya note-taking dan translation. Temuan tersebut mengarah kepada metode pembelajaran incidental, pembelajaran contextual, juga engagement dan motivation. Penelitian lebih lanjut dapat menggunakan metode penelitian yang berbeda dengan jumlah partisipan yang lebih banyak. Selain itu peneliti lain juga dapat mengeksplorasi game online lainnya atau penerapan media digital dalam domain akademik untuk melihat apakah ada perbedaan efektivitas media pembelajaran yang digunakan. Kata kunci: Belajar Kosakata, Honkai Star Rail, Narrative Inquiry, Permainan Daring
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 04:58 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 04:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |