STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PADA KUD MITRAYASA KECAMATAN PAGERAGEUNG KABUPATEN TASIKMALAYA

Marwah, Siti (2024) STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PADA KUD MITRAYASA KECAMATAN PAGERAGEUNG KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. PRAKATA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
12. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KUD Mitrayasa merupakan koperasi yang bergerak dalam beberapa bidang usaha yakni unit usaha pengolahan susu sapi sebagai unit usaha utamanya dari unit usaha lainnya yaitu unit pengelolaan sapi perah dan unit pakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pemasaran susu sapi di KUD Mitrayasa, (2) merumuskan alternatif strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan susu sapi dan (3) menentukan prioritas strategi yang paling tepat untuk diterapkan dalam pemasaran susu sapi. Penelitian dilakukan pada Juni 2023 sampai Desember 2024 terhadap KUD Mitrayasa yang berlokasi di Desa Pagerageung, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah Matriks IFAS, EFAS, IE, analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dengan kekuatan terbesar adalah harga yang terjangkau di kalangan masyarakat yaitu Rp.9.000 per liter, dengan kelemahan terbesar adalah belum melakukan promosi di media sosial dan media penjualan online. Faktor eksternal dengan peluang terbesar adalah peluang pasar masih terbuka luas, dengan ancaman terbesar adalah adanya produk substitusi. Rekomendasi strategi yang digunakan adalah strategi W-O melakukan promosi penjualan melalui media online untuk memperkuat promosi dalam meningkatkan penjualan. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:35
Last Modified: 17 Feb 2025 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item View Item