ROSLIANA, MIA (2024) PRE-SERVICE ENGLISHTEACHERS’SELF-AWARENESSDURINGTHE TEACHINGPRACTICUM:ACASESTUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
5. PREFACE.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
7. LIST OF THE TABLE.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
8. CHAPTER 1.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
8. CHAPTER 1.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
9. CHAPTER 2.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
10. CHAPTER 3.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
11. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
![]() |
Text
12. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
![]() |
Text
13. REFERENCES.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
14. ENCLOSURE.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki kesadaran diri mahasiswa bahasa Inggris saat melakukan pengenalan lapangan persekolahan atau PLP selama mereka melakukan praktik mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas negeri di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, dan melibatkan tiga mahasiswa bahasa Inggris saat masa praktik mengajar di sekolah menengah pertama yang berbeda. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur yang mengungkapkan wawasan signifikan mengenai kesadaran emosional, strategi penilaian diri, dan kepercayaan diri peserta selama praktikum. Temuan menunjukkan bahwa calon guru mengalami berbagai emosi, termasuk perasaan positif seperti kesenangan, rasa syukur, dan keterlibatan, serta emosi negatif seperti kecemasan dan rasa tidak aman. Metode penilaian diri yang digunakan oleh peserta mencakup umpan balik dari siswa, teman sebaya, dan mentor serta jurnal reflektif, yang semuanya berkontribusi terhadap pengembangan kesadaran diri mereka. Selain itu, persiapan mengajar dan dukungan lingkungan dari siswa, teman sebaya, dan mentor meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam mengajar. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan guru harus mengintegrasikan kegiatan yang meningkatkan kesadaran emosional, penilaian diri, dan kepercayaan diri sehingga dapat lebih mempersiapkan pendidik di masa depan untuk menghadapi tantangan yang terjadi di kelas. Kata kunci: pengenalan lapangan persekolahan, kesadaran diri, praktik mengajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 06:32 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |