PRE-SERVICE ENGLISHTEACHERS’SELF-AWARENESSDURINGTHE TEACHINGPRACTICUM:ACASESTUDY

ROSLIANA, MIA (2024) PRE-SERVICE ENGLISHTEACHERS’SELF-AWARENESSDURINGTHE TEACHINGPRACTICUM:ACASESTUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (234kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (96kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (121kB)
[img] Text
7. LIST OF THE TABLE.pdf

Download (186kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (108kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (156kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (177kB)
[img] Text
14. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kesadaran diri mahasiswa bahasa Inggris saat melakukan pengenalan lapangan persekolahan atau PLP selama mereka melakukan praktik mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas negeri di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, dan melibatkan tiga mahasiswa bahasa Inggris saat masa praktik mengajar di sekolah menengah pertama yang berbeda. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur yang mengungkapkan wawasan signifikan mengenai kesadaran emosional, strategi penilaian diri, dan kepercayaan diri peserta selama praktikum. Temuan menunjukkan bahwa calon guru mengalami berbagai emosi, termasuk perasaan positif seperti kesenangan, rasa syukur, dan keterlibatan, serta emosi negatif seperti kecemasan dan rasa tidak aman. Metode penilaian diri yang digunakan oleh peserta mencakup umpan balik dari siswa, teman sebaya, dan mentor serta jurnal reflektif, yang semuanya berkontribusi terhadap pengembangan kesadaran diri mereka. Selain itu, persiapan mengajar dan dukungan lingkungan dari siswa, teman sebaya, dan mentor meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam mengajar. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan guru harus mengintegrasikan kegiatan yang meningkatkan kesadaran emosional, penilaian diri, dan kepercayaan diri sehingga dapat lebih mempersiapkan pendidik di masa depan untuk menghadapi tantangan yang terjadi di kelas. Kata kunci: pengenalan lapangan persekolahan, kesadaran diri, praktik mengajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:32
Last Modified: 14 Feb 2025 06:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15155

Actions (login required)

View Item View Item