Mahmudan, Fikri Akmal (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII B SMP Nurul Iman Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
9 DAFTAR GRAFIK.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
11 BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
12 BAB II.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
13 BAB III.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
![]() |
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
![]() |
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan serta Menyajikan Teks Prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII B berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dapat atau tidak model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Teks Prosedur pada peserta didik kelas VII B di SMP Nurul Iman tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Berdasarkan data awal yang telah diperoleh dalam kompetensi dasar menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, sebanyak 4 peserta didik (80%) yang belum mampu mencapai KKM, serta sebanyak 3 orang (85%) peserta didik yang belum mampu mencapai KKM dalam menyajikan teks prosedur. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus kesatu aspek pengetahuan, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (45%), sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 11 orang (55%). Pada aspek keterampilan, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 8 orang (40%), sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (60%). Pada siklus kedua nilai yang diperoleh semua peserta didik 100% sudah mencapai KKM baik dari pengetahuan maupun keterampilan. Data yang telah dihitung melalui rumus statistik uji normalitas dan berdistrbusi tidak normal, maka dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diketahui W hitung lebih kecil daripada nilai W tabel dalam tahap signifikasi 0,01 (0<38) dan 0,05 (0<52). Data tersebut menunjukkan hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktrur dan aspek kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII B SMP Nurul Iman tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:45 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |