PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN SELF-EFFICACY

SUGIARTO, ANDI (2024) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir komputasional peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian terdiri dari 61 peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Majenang pada tahun ajaran 2024/2025. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling dan menghasilkan 53 peserta didik yang terbagi ke dalam kelompok dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner self-efficacy dan soal tes kemampuan berpikir komputasional yang telah diuji validitas dan reliabilitas secara empiris. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji non-parametrik yaitu uji Kruskal-Wallis dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir komputasional peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Komputasional, Self-efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:22
Last Modified: 30 Jan 2025 07:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15004

Actions (login required)

View Item View Item