DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KONTEKS MERACIK OBAT MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

OKTAVIA, SHERLY RAHMI (2024) DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KONTEKS MERACIK OBAT MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI -2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (915kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (842kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (941kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (845kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (842kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (969kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra, menghasilkan learning trajectory, serta melihat capaian hasil belajar peserta didik yang dihasilkan. Metode penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment (desain pendahuluan), design experiment (percobaan desain), dan retrospective analysis (analisis retrospektif). Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, merekam proses pembelajaran, memberikan soal tes hasil belajar, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Farmasi Bhakti Kencana Soreang kelas X Farmasi 3 sebagai kelas pilot experiment dan X Farmasi 1 sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konteks meracik obat dalam pembelajaran sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui discovery learning dapat membantu pemahaman peserta didik untuk menghubungkan situasi nyata di bidang farmasi dengan konsep matematika. Selain itu, lintasan belajar dengan konteks meracik obat melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra dapat membantu pemahaman peserta didik terhadap materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Penggunaan desain pembelajaran sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra memberikan dampak bagi peserta didik sehingga peserta didik mampu memahami materi sehingga capaian hasil belajar peserta didik dapat berhasil. Kata kunci: Design Research, Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel, Learning Trajectory, Discovery Learning, Geogebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2025 04:05
Last Modified: 30 Jan 2025 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item