OKTAVIA, SHERLY RAHMI (2024) DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KONTEKS MERACIK OBAT MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI -2.pdf Download (398kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (915kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (842kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (941kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (845kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (842kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (969kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (457kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (680kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra, menghasilkan learning trajectory, serta melihat capaian hasil belajar peserta didik yang dihasilkan. Metode penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment (desain pendahuluan), design experiment (percobaan desain), dan retrospective analysis (analisis retrospektif). Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, merekam proses pembelajaran, memberikan soal tes hasil belajar, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Farmasi Bhakti Kencana Soreang kelas X Farmasi 3 sebagai kelas pilot experiment dan X Farmasi 1 sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konteks meracik obat dalam pembelajaran sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui discovery learning dapat membantu pemahaman peserta didik untuk menghubungkan situasi nyata di bidang farmasi dengan konsep matematika. Selain itu, lintasan belajar dengan konteks meracik obat melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra dapat membantu pemahaman peserta didik terhadap materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Penggunaan desain pembelajaran sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra memberikan dampak bagi peserta didik sehingga peserta didik mampu memahami materi sehingga capaian hasil belajar peserta didik dapat berhasil. Kata kunci: Design Research, Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel, Learning Trajectory, Discovery Learning, Geogebra
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15000 |
Actions (login required)
View Item |