ALGIFARI, IRFAN (2024) DESAIN DIDAKTIS PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BERBANTUAN ALAT PERAGA BALOK WAKTU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (66kB) |
|
Text
02 Halaman Pengesahan.pdf Download (186kB) |
|
Text
03 SK Revisi Skripsi.pdf Download (399kB) |
|
Text
04 Surat Pernyataan Keaslian.pdf Download (279kB) |
|
Text
05 Abstrak.pdf Download (47kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (260kB) |
|
Text
07 Daftar Isi.pdf Download (143kB) |
|
Text
08 Daftar Lampiran.pdf Download (143kB) |
|
Text
09 Daftar Gambar.pdf Download (113kB) |
|
Text
10 Daftar Tabel.pdf Download (106kB) |
|
Text
11 Daftar Lampiran.pdf Download (109kB) |
|
Text
12 BAB 1.pdf Download (173kB) |
|
Text
13 BAB 2.pdf Download (382kB) |
|
Text
14 BAB 3.pdf Download (209kB) |
|
Text
15 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
18 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Studi pendahuluan dilakukan di SMP Negeri Satu Atap 1 Cigalontang untuk mengidentifikasi hambatan belajar yang dialami oleh siswa kelas 8 dalam memahami materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Sebanyak 25 peserta didik yang mengikuti tes identifikasi learning obstacle. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya 3 dari 25 siswa (sekitar 12%) yang berhasil menyelesaikan kedua soal tes dengan benar. Persentase tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik mengalami hambatan dalam mempelajari materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah Didactical Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif. Hambatan belajar diidentifikasi melalui tes dan wawancara dengan peserta didik serta pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik mengalami hambatan dalam membedakan perbandingan senilai dengan perbandingan berbalik nilai, serta dalam melakukan operasi matematika seperti perkalian dan pembagian. Untuk mengatasi masalah ini, desain didaktis pada materi perbandingan melalui pembelajaran inkuiri dengan berbantuan alat peraga balok waktu sebagai solusi. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai ini melalui pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada siswa. Keywords: hambatan belajar, perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai, pembelajaran inkuiri, desain didaktis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:05 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14961 |
Actions (login required)
View Item |