FIRDA, LEVINA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE COUPLE DISCUSS LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (240kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (289kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (294kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (183kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (306kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (373kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (516kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) di SMAN 1 Jatiwaras. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dengan metode couple discuss learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, dengan teknik pengumpulan data yaitu angket kuesioner skala guttman dan tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang mengambil peminatan ekonomi dengan jumlah 168 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas XI-7 sebagai kelas eksperimen dan XI-10 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah siswa 34 setiap kelas sampel. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik multivariate of variance (MANOVA). Hasil penelitian pertama menunjukkan nilai sig. 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model PBL dengan metode couple discuss learning terhadap keterampilan kolaborasi, penelitian kedua menunjukkan nilai sig. 0,003 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model PBL dengan metode couple discuss learning terhadap hasil belajar kognitif, serta penelitian ketiga menunjukkan nilai sig. 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model PBL dengan metode couple discuss learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif. Kata Kunci: Problem Based Learning, Couple Discuss Learning, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:10 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14934 |
Actions (login required)
View Item |