FAUZIAH, ALFI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE BERBANTUAN LIVE WORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS (Quasy Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kab. Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (88kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (134kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (187kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (105kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (692kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (432kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Sindangkasih diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal tersebut terjadi karena guru belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang mendukung pengembangan kemampuan memecahkan masalah peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran IMPROVE berbantuan live worksheet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IMPROVE berbantuan live worksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalen control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih sebanyak 6 kelas yang berjumlah 216 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol masing-masing sampel berjumlah 36 peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah diukur menggunakan tes berbentuk uraian berjumlah 6 butir soal yang mewakili 5 indikator kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis. Teknis analisis data meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:15 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14928 |
Actions (login required)
View Item |