Ramdani, Ade Muhlis (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN INFORMASI DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII B MTs Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (93kB) |
|
Text
8 DAFTAR GRAFIK.pdf Download (25kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (23kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (25kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (214kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (103kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menelaah dan menyajikan teks eksplanasi merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Kenyataan di sekolah menunjukan banyak peserta didik yang belum memenuhi KKM. Dalam upaya peningkatan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dapatkah model pembelajaran Concept Sentence meningkatkan kemampuan menelaah serta menyajikan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII B MTs Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII B MTs Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan siklus kesatu pemerolehan nilai pengetahuan peserta didik yang mencapai KKM 17 orang (54%), yang belum mencapai KKM 15 orang (46%) dan nilai peserta didik di siklus kedua 32 orang (100%) mencapai KKM. Dalam kompetensi keterampilan hasil pemerolehan nilai peserta didik siklus kesatu 14 orang (45%) sudah mencapai KKM dan 18 orang (55%) belum mencapai KKM sedangkan pada siklus kedua 32 orang (100%) sudah mencapai KKM. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:56 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 04:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14922 |
Actions (login required)
View Item |