Ardila, Zakiatun Nisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENGINTERPRETASIKAN TEKS DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukahening Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (321kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (73kB) |
|
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (60kB) |
|
Text
9. DAFTAR BAGAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
11. SKRIPSI BAB 1.pdf Download (88kB) |
|
Text
12. SKRIPSI BAB 2.pdf Download (232kB) |
|
Text
13. SKRIPSI BAB 3.pdf Download (222kB) |
|
Text
14. SKRIPSI BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. SKRIPSI BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN new.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasikan teks drama merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasikan teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukahening Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan yaitu eksperimen, dengan teknik penggumpulan yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII D SMP Negeri 1 Sukahening Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama, yakni 52,3 (pretest) dan 79,5 (posttest) meningkat dengan selisih 27,2. Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menginterpretasikan teks drama yakni 34,4 (pretest) dan 73,4 (posttest) meningkat dengan selisih 39,0. Sedangkan rata rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran mengidentifikasi unsur unsur teks drama yakni 58,5 (pretest) dan 76,3 (posttest) meningkat dengan selisih 17,8. Rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menginterpretasikan teks drama yakni 40,1 (pretest) dan 67,2 (posttest) meningkat dengan selisih 27,1. Hasil pengolahan data diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi tidak normal. Oleh karena itu, pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon mengunjukkan 0,001 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-usur dan menginterpretasikan teks drama pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sukahening tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:05 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14895 |
Actions (login required)
View Item |