PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Kafi, Muhammad Faiz (2024) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (48kB)
[img] Text
4. penguji.pdf

Download (563kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7. ucapan terimaksih.pdf

Download (136kB)
[img] Text
8. daftar isi.pdf

Download (589kB)
[img] Text
9. bab 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
10. bab 2.pdf

Download (554kB)
[img] Text
11. bab 3.pdf

Download (580kB)
[img] Text
12. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat rendahnya keterampilan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Manonjaya. Salah satu solusi yang digunakan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbantuan Quizizz terhadap keterampilan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 31 orang. Untuk mengukur motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket, sedangkan keterampilan pemecahan masalah diukur melalui tes yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Tes berbentuk uraian berjumlah 10 soal yang setiap butir soalnya mengandung 4 indikator keterampilan pemecahan masalah menurut Polya. Hasil pengujian hipotesis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 sehingga nilai signifikansi < 0,05 yang berarti

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2025 02:28
Last Modified: 17 Jan 2025 02:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14875

Actions (login required)

View Item View Item