FARIHAH, AI EVA (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (456kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (230kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (420kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (815kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (564kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
10. DAPUS.pdf Download (194kB) |
|
Text
Lampiran A.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text
Lampiran B.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
Lampiran C.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Lampiran D.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Lampiran E.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
Lampiran F.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Lampiran G.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Tujuan lainnya adalah mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya yang terbagi ke dalam 11 kelas dan sampel yang terpilih secara random adalah kelas VIII G yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII H yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning (DL) sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebanyak 4 soal dengan skor maksimal ideal (SMI) adalah 40 dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan analisis eksperimen. Hasil analisis data disimpulkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning (DL). Kesulitan peserta didik terbesar dalam langkah penyelesaian pemecahan masalah menurut langkah Polya terdapat pada langkah merencanakan penyelesaian yaitu sebesar 62,5% pada kelas eksperimen I dan 84,6% pada kelas eksperimen II. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Problem Based Learmimg, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 02:47 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 02:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14825 |
Actions (login required)
View Item |