Fauziah, Azzahra Bilqis (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PLATFORM KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub-Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (256kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (62kB) |
|
Text
3. penguji.pdf Download (43kB) |
|
Text
4. pernyataan.pdf Download (59kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (305kB) |
|
Text
6. kata pengantar.pdf Download (253kB) |
|
Text
7. ucapan terima kasih.pdf Download (213kB) |
|
Text
8. daftar isi.pdf Download (387kB) |
|
Text
9. bab i.pdf Download (331kB) |
|
Text
10. bab ii.pdf Download (937kB) |
|
Text
11. bab iii.pdf Download (472kB) |
|
Text
12. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
14. daftar putaka.pdf Download (217kB) |
|
Text
15. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
16. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal bahwa guru geografi masih memiliki keterbatasan untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif. Selain itu, masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran Geografi, hal ini menunjukkan kurang maksimalnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang disebabkan karena kurang bervariasinya model pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru. Dengan demikian, hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan problem based learning menggunakan media platform kahoot terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya 2) Untuk mengetahui pengaruh model problem based learning menggunakan media platform kahoot terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen (29 orang), dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol (32 orang), dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa tahapan model Problem Based Learning menggunakan media platform kahoot terhadap hasil belajar peserta didik yaitu: mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Model Problem Based Learning menggunakan media platform kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji Paired Sampel T-Test 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Model Problem Based Learning menggunakan media platform kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Manonjaya pada materi dinamika kependudukan di Indonesia semakin baik dalam menggunakan model dan media tersebut, maka semakin tinggi hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Platform Kahoot, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:18 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14786 |
Actions (login required)
View Item |