KHOERUNISA, SISKA PERMATA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Usia Dini PAUD Nurul Anwar Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
7. BAB 1.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
8. BAB 2.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
9. BAB 3.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
![]() |
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia terbukti masih sangat lemah dalam mengimplementasikan pembentukan karakter kepada anak didiknya, saat ini banyak lembaga pendidikan namun hanya fokus pada bidang akademik saja. Maka perlu adanya implementasi kurikulum tersembunyi dalam pembentukan karakter anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum tersembunyi dalam pembentukan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekni analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaskasanaan kurikulum tersembunyi Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya pada penerapan pendidikan karakter anak usia dini dengan langkah-langkah melalui pembiasaan, melalui keteladanan, melalui bercerita, dan melalui karyawisata. Nilai karakter yang diterapkan berupa religius, jujur, disiplin, nasionalis, kesopanan, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab. Kata Kunci: Kurikulum Tersembunyi, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:12 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |