IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Usia Dini PAUD Nurul Anwar Kota Tasikmalaya)

KHOERUNISA, SISKA PERMATA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Usia Dini PAUD Nurul Anwar Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (244kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (39kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (67kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia terbukti masih sangat lemah dalam mengimplementasikan pembentukan karakter kepada anak didiknya, saat ini banyak lembaga pendidikan namun hanya fokus pada bidang akademik saja. Maka perlu adanya implementasi kurikulum tersembunyi dalam pembentukan karakter anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum tersembunyi dalam pembentukan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekni analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaskasanaan kurikulum tersembunyi Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya pada penerapan pendidikan karakter anak usia dini dengan langkah-langkah melalui pembiasaan, melalui keteladanan, melalui bercerita, dan melalui karyawisata. Nilai karakter yang diterapkan berupa religius, jujur, disiplin, nasionalis, kesopanan, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab. Kata Kunci: Kurikulum Tersembunyi, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:12
Last Modified: 27 Dec 2024 02:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item