PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya)

Zahra, Meisya (2024) PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Generasi Z Muslim di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (421kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (305kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)

Abstract

Shopee merupakan salah salah satu marketplace yang paling popular dan digemari dalam kegiatan berbelanja online. Kemudahan berbelanja online dapat mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian impulsif. Pembelian impulsif adalah pembelian yang terjadi secara spontan dan tidak terduga atau tidak direncanakan. Pembelian impulsif dapat menyebabkan ketidakpuasan terhadap pembelian dan penyesalan dalam pengambilan keputusan. Perilaku tersebut bertentangan dengan perilaku konsumen muslim, yaitu tidak berlebih-lebihan, tidak menghambur-hamburkan harta secara tidak terencana. Sebagai seorang muslim dalam mengkonsumsi dan membelanjakan uang harus sesuai dengan syariat islam. Namun berdasarkan studi pendahuluan masih banyak yang melakukan pembelian impulsif pada konsumen shopee generasi Z muslim di Kota Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap pembelian impulsif dengan Self Control sebagai variabel moderasi pada konsumen shopee generasi Z muslim di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis datanya adalah Structural Equation Modeling- Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah konsumen shopee generasi Z muslim di Kota Tasikmalaya sebanyak 200 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Self Control tidak memoderasi hubungan antara promosi dengan pembelian impulsif. Self Control tidak memoderasi hubungan antara harga dengan pembelian impulsif. Hasil Uji R-Square menunjukkan bahwa variabel promosi, harga dan Self Control berpengaruh sebesar 31,2% terhadap pembelian impulsif, sedangkan sisanya sebesar 68,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan harga menjadi salah satu faktor yang mendorong perilaku pembelian impulsif pada konsumen shopee generasi Z muslim di Kota Tasikmalaya dan lemahnya Self Control yang dimiliki tidak dapat memoderasi hubungan antara promosi dan harga sehingga tidak mampu mengendalikan perilaku pembelian impulsif. Implikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan pengendalian diri terhadap para konsumen shopee gen Z muslim di kota Tasikmalaya pada saat berbelanja online. Semakin tinggi self control diharapkan mampu menekan perilaku pembelian impulsif. Dengan adanya self control yang baik, maka akan mampu menahan diri terhadap faktor-faktor yang dapat mendorong pada perilaku pembelian impulsif. Kata Kunci: Promosi, Harga, Self Control, Pembelian Impulsif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:41
Last Modified: 12 Dec 2024 06:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item View Item